Custom Search
Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by boy

Jual Beli Online bagi Pemula




Mas bisa COD ambil kamera-ne....

Barangkali anda mungkin penuh tanya, bagus nggak sih transaksi/bisnis online?atau bagaimana caranya transaksi online?amankah bisnis online?nanti bagaimana pasca transaksi pembelian?ada garansikah?....dan seterusnya. Pertanyaan itu saya anggap sangat wajar bagi kita pemula...bahkan setiap pelaku jual beli online saat ini pasti awalnya tanya-tanya hal2 yang seperti itu.

Maklumlah semua itu, jual beli online sebenarnya sudah lama dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia, namun kira-kira di Indonesia sekitar th 99-an seiring mulai berkembangnya warnet-warnet secara meluas di Indonesia mulailah ide-ide bisnis online digagas oleh masyarakat indonesia. Mulai mengganti informasi surat penawaran melalui email, terus berkembang menjadi chating, webforum dan saat ini sudah banyak berkembang website dan blog-blog...sepertinya transaksi jual beli online terus berkembang di Indonesia.

Kira-kira menjawab kegelisahan bagi anda tentang jual beli online, saya gambarkan apa yang pernah saya langsung sebagai pemula. Kurang lebih seperti ini:
Pada saat itu adik saya ngontak saya lewat chating dan menanyakan posisi saya dimana, dan langsung minta bantuan saya melakukan transaksi COD untuk sebuah kamera canon 400D. Perasaan canggung itu merasuk dalam kerongkong aku dan jantungku. Apa sih COD itu?tanyaku sambil menyisakan canggung dan keiingintahuan. COD itu Cash on Delivery maksudnya Membayar uang sama ambil barang sekaligus....(oalah prinsip ada barang ada uang toh) bahasanya keren juga. Lantaslah saya nanya selanjutnya bagaimana, dan adik saya bilang masih nunggu deal dengan orangnya....kalo mas bisa hari ini langsung saya booking hari ini dan langsung deal sekarang juga...ok terserah. Beberapa saat kemudian adik saya beritahu kalo beli kamera deal harga 4,3 jt dan dia minta COD di Mc D STC...oh gitu terus pembayarannya bagaimana biasanya?....nanti terserah kesepakatan dengan orangnya...contohnya bagaimana?...bisa nanti pembayaran transfer lewat rekening ke rekening orangnya, bisa nanti pembayaran tunai...oh gitu...tapi itu setelah cek barangnya begitu....kenapa COD?...ya biasanya jual beli yang disukai itu COD karena kepercayaan orang pembeli dan penjual bertemu bersama dan sama-sama percaya. Dan kalo bisa COD biasanya harga belinya bisa lebih murah karena kepercayaan itu....oh gitu...no HP mas sudah saya kasihkan keorangnya. Masukalah sms : gan saya pec@@@ liburan yang COD nanti, jadi COD jam berapa gan?...bahasa khas yang digunakan waktu transaksi dalam jual beli online...segera saya menuju ke TKP sambil menjawab sms-an. Dan terjadilah transaksi nya, sebenarnya orangnya minta transaksi tunai gitu....tapi ternyata tidak bisa ditarik uang yang dimaksudkan karena kena limit ATM, segera aja transaksi diubah menjadi transfer antar bank. selesailah transaksinya...eiiits belum selesai pembaca, soalnya setelah itu saya dikontak lagi kalo ada yang kurang dan harus ketemu lagi di tempat sama (capek yah...) segera saya langsung membuat janjian ketemu lagi dan membawa barang yang kurang. nah baru selesai...

Jual beli online seperti ilustrasi diatas sebenarnya sama halnya kita mengganti transaksi jual beli yang konvensional dengan transaksi jual beli secara online, tapi memang bentuk lainnya masih ada tapi transaksi COD ini menjadi prioritas pertama. Adapun beberapa kesimpulan saya sebagai pembelajaran kita bersama sebagai berikut:
1. usahakan selama transaksi kita dapat lihat foto barangnya.
2. usahakan tahu pernyataan kondisi barang tersebut dari si penjual ini penting untuk menguji kejujurannya.
3. usahakan kesepakatan deal itu beserta sistem pembayaran dan detail barang utama dan pelengkapnya.
4. bandingkan data diatas dengan kenyataan barang tersebut waktu diterima.
5. oh ya biasanya ada garansi jual beli umumnya 3 hari dari transaksi tersebut.
6. lantas bagi penjual tolong jaga kepercayaan bersama, karena jika ditemukan ketidaksesuaian maka media online sangatlah efektif untuk menyebarluaskan sisi negatif penjual tersebut dan tentunya semakin banyak tahu semakin mudah melacak penjual tersebut.

saya berharap ini membuka wawasan pengalaman kita bersama, dan selamat bertransaksi jual beli online...
Kategori: , , edit post
1 Response
  1. diyah wulan Says:

    Tips yang bermanfaat. Thanks for sharing. Kalo tips dari sisi penjual online gimana? Banyak juga penjual online yang dikomplain bsrang yang diterima sudah rusak dan pembeli minta ganti barang, padahal sebenarnya barangnya tidak cacat sama sekali; dia cuma ingin meng-klaim dan ambil untung dapat barang lagi tanpa bayar.


Posting Komentar


widget